Oleh : Abu Anwar/Ketua STAIN Bengkalis
Ketua STAIN Bengkalis mengapresiasi manajemen pelayanan dari panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) 2024 khususnya pada puncak haji Armuzna, yang telah memberi pelayanan maksimal kepada para jamaah haji asal Indonesia sehingga mereka merasa nyaman.
Yang menjadi indikator kenyamannanya penyelenggaraan ibadah haji 2024 ini adalah lancarnya proses puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina atau Armuzna. Lokasi itu, menjadi fase penting dan krusial, dimana dalam pelaksanaannya jamaah terlayani dengan baik, dalam menjalankan ibadah yakni wukuf, mabit dan jamarat (melontar jumrah).
Pelayanan pemondokan di Mina yang melebihi kapasitas kenyataannya juga tidak ada masalah, informasi yang diperoleh (dari pihak keluarga) makanan berlimpah. Jika pun ada kendala-kendala seperti antre di kamar mandi, itupun tidak berlangsung lama dan tidak crodit, hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu.
Penyelenggaraan haji 2024 sukses dan dapat terus ditingkatkan atau paling tidak dipertahankan pada tahun-tahun yang akan datang, sehingga jamaah haji Indonesia dapat terlayani dengan baik, dalam menjalankan ibadah di tanah suci dalam rangka menggapai haji yang mabrur. Kesuksesan tersebut dapat dilihat dari pelayanan yang lebih profesional dan efisien, akomodasi yang lebih nyaman, implementasi teknologi digital yang baik, penguatan pelayanan aspek kesehatan, dukungan logistik yang lebih baik, edukasi dan pembekalan jamaah lebih terarah, kebijakan MURUR bagi jamaah lansia dan uzur lainnya, dan lain-lain.
Khusus jamaah dari keluarga kami, mereka berkesimpulan bahwa secara umum penyelenggaraan ibadah haji tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ini menandakan bahwa usaha Menteri Agama, GusMen, bersama para petugas lainnya bekerja keras dalam rangka memberikan arahan kepada petugas lapangan untuk melayani para jamaah haji asal Indonesia sebaik mungkin.
TERIMAKASIH